E-Learning Pancasila Part 1


Soal :
1.      Bagaimana pendapat anda mengenai Pancasila sebagai dasar Negara, pandangan hidup dan ideology dari Bangsa Indonesia ? Masih relevankah Pancasila digunakan saat ini ?
2.      Bagaimana pendapat anda mengenai Pancasila sebagai ideology terbuka ?
Jawab :
1.      Menurut saya, sebagai dasar Negara, Pancasila disebut juga sebagai dasar falsafah Negara ataupun ideologi Negara yang berarti Pancasila sebagai dasar dalam mengatur Pemerintahan dan penyelenggaraan Negara. Dalam kedudukannya sebagai dasar Negara, Pancasila memiliki 5 asas atau dasar yang mengandung arti bahwa :
1.      Setiap warga Negara dianjurkan untuk hidup beragama yang ber-Ketuhanan Maha Esa dengan berpedoman pada kepercayaan masing – masing.
2.      Negara yang terbentuk harus berasal dari aliran pikiran kenegaraan Negara kesatuan yang bersifat integralistis.
3.      Dalam mengatur dan menyelenggraakan pemerintahan Negara harus berdasarkan kepada musyawarah agar antara pemimpin Negara dengan rakyat dapat bersatu dalam kesatuan dan persatuan.
4.      Sistem ekonomi yang berdasarkan pada asas kekeluargaan dan saling tolong – menolong.
5.      Negara Indonesia harus beradasarkan pada keadilan tanpa pandang bulu, siapapun berhak mendapatkan kehidupan yang layak dan berdasarkan pada aturan hukum.
Pancasila sebagai pandangan hidup atau filsafat hidup bangsa sering juga disebut way of life, pegangan hidup, petunjuk hidup, dan pedoman hidup. Dalam hal ini Pancasila sebagai pandangan hidup berarti Pancasila merupakan petunjuk arah seluruh kegiatan kehidupan dalam berbagai bidang kehidupan guna mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila memiliki cita cita yang berdassarkan pada nilai – nilai dan norma – norma Pancasila untuk mengatur kehidupan manusia yang lebih baik.
            Pancasila sebagai ideology dari Bangsa Indonesia     artinya sebagai ideology Negara seharusnya merupakan keputusan final bangsa Indonesia. Sebab, Pancasila merupakan hasil consensus bangsa Indonesia. Pola dan perilaku yang mengarah pada upaya penggantian Pancasila harus diwaspadai secara seksama, terutama cara – cara pemaksaan kehendak, apalagi dengan cara kekerasan, antidemokrasi dan terror.
            Untuk melestarikan Pancasila sebagai dasar Negara maupun pandangan hidup bangsa Indonesia, seluruh komponen bangsa harus berusaha bersikap dan berperilaku positif yang sesuai dengan nilai – nilai Pancasila. Berdasarkan hasil pemikiran yang saya buat bahwa sampai saat ini Pancasila yang digunakan dikatakan masih relevan karena tanpa adanya aturan – aturan ataupun norma dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara, kehidupan manusia akan terbengkalai. Adapun masih banyak penyimpangan yang terjadi, kehidupan bangsa Indonesia tetap pada ketaatan kepada hokum yang berlaku.




2.      Menurut saya, Pancasila sebagai ideology terbuka mengandung nilai – nilai universal. Oleh sebab itu, pada hakikatnya Pancasila bukan hanya sekedar ideology bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideology terbuka berarti Pancasila senantiasa beinteraksi secara dinamis dengan nilai – nilai dasar yang tidak berubah dan dalam pelaksanaanya disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang dihadapi dalam setiap kurun waktu. Pancasila dapat membuka nilai – nilai dari luar tanpa merubah nilai dasar Pancasil. Pancasila dapat mengembangkan secara kreatif dan dinamis untuk menjawab kebutuhan zaman tanpa merubah  niali dasar.
            Sifat keterbukaan Pancasila sebagai ideology terbuka memerlukan pembatasan. Dengan demikian, Pancasila menjadi filter dari segala nilai yang datang dari berbagai nilai budaya yang ada. Adanya pembatasan tersebut membuat dinamika Pancasila sebagai ideology terbuka tidak kebablasan, tetapi tetap berlandaskan pada nilai dasar yang ada.
            Jika kita lihat dari maksud yang disampaikan diatas, Pancasila memiliki nilai – nilai yang berlaku universal bagi masyarakat dunia yang memungkinkan Pancasila menjadi ideology dunia. “Apakah mungkin?” Tentunya dalam hal ini hanya sebatas pendapat dan hasil pemikiran saya pribadi mengenai ideology terbuka yang mengandung nilai universal, karena itu semua bergantung dari kemampuan Pancasila menjawab tantangan di era globalisasi yang semakin kuat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM BIDANG TEKNIK SIPIL

PENGARUH EKSENTRISITAS BEBAN TERHADAP DAYA DUKUNG PONDASI DANGKAL

ISD - Part 7