#MIMPI1 SAYA BISA KULIAH SAMPAI S2

Masih inget masa-masa masih jadi mahasiwa baru yang lagi ribet-ribetnya ngurusin dokumen ini itu, bayaran ini itu, tes ini itu, sampe kita sering numpang istirahat di rumah bude, kadang suka nginep, karena besokannya masih harus ada tes lanjutan. 

Waktu itu sekitar tahun 2011, saya baru aja lulus SMA, dan sebelum dinyatakan lulus SMA pun saya sudah dinyatakan lulus penerimaan mahasiswa baru di Universitas Gunadarma. Buat saya, ini rejeki dari Allah swt. Ini keajaiban Illahi. Karena jujur, untuk bermimpi bisa kuliah setelah lulus SMA itu kemungkinannya secara finansial sangat kecil sekali. Karena saat itu, perekonomian keluarga lagi sulit-suiltnya. Papah saat itu bekerja di Belitung, uang kirimanya hanya mencukupi untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan, aku , mamah, dan kedua mba ku tidak pernah membeli barang bagus seperti baju , tas, atau barang-barang yang sekiranya tidak begitu penting selain kita butuh hanya untuk makan sehari-hari.

Saat aku di umumkan lulus penerimaan mahasiwa baru sebagai mahasiswa Teknik Sipil diUniversitas Gunadarma. Mamah sangat datar sekali responnya saat itu. Dia mungkin bahagia akhirnya anaknya ada yang bisa melanjutkan kuliah. Tapi, logika mengatakan lain. Dengan ekspresi yang sangat-sangat tidak yakin dan tidak percaya diri, mamah bilang , " Ra, biaya nya berapa emang kalo beasiswa?". Oiya saya lupa cerita di awal. Kelulusan saya ini, murni saya mendapatkan beasiswa 100% tanpa dipungut biaya apapun, kecuali untuk biaya pendaftaran dan tes kesehatan ya. Jadi, mamah khawatir banget saat itu. Mamah masih mikirin, bisa nggak ya , ini kan kampus swasta, sebeasiswa beasiswa nya kampus swasta, pasti tetep dipertengahan bayaran semester akan lebih mahal.

Untung aku sebelumnya cari informasi lewat temenku di sekolah lain, yang kakak kelasnya sudah masuk setahun lebih dulu di Universitas Gunadarma. Trus saya bertanya sama beliou, namanya Intan Widyastuti, suka banget sama dia, orangnya ceria, selalu nilai orangnya secara jujr, suka ya suka, nggak ya nggak, jarang sih liat dia peres sama temne-temennya. Kayanya dia liat saya saat itu bisa buat masuk kulaih dengan beasiswa. Waktu itu , dia cerita in kronologisnya, gimana caranya kakak kelasnya bisa dapetin itu beasiswa dan ngeyakinin saya kalo kuliah disana bener-bener nggak bayar sama sekali.  Pokoknya waktu itu dia semangat banget deh nyeritainnya. Oiya, kalo kalian tanya kenapa dia nggak ikut beasiswa ini juga. Jawabannya mungkin karena , dia itukan orangnya bawel banget ya, suka ngomong, suka banget bikin kreativitas kaya di mading sekolah gitu. Jadi, kayanya mah dia itu lebih suka ke jurusan jurnalistik gitu. 

Intan, gue cuma mau bilang, makasih banyak banget dulu waktu gue lagi galau-galaunya pengen kuliah tapi nggak bisa kuliah. Lu, hadir dengan kebaikan hati lu , kasih informasi ke gue, dengan keyakinan gue bisa masuk ke kampus ini. Padahal waktu itu, kita udah nggak satu sekolah, kita cuma bisa jadi temen deket banget selama 3 tahun waktu SMP, tapi saat saat SMA kita udah nggak bareng lagi, lu , gue, kita semua selalu saling jaga silaturahmi kita buat entah maen bareng, kumpul bareng, atau sharing bareng tentang sekolah masing-masing. Oiya, waktu itu si Intan di SMAN 6 Kab. Tangerang dan saya di SMAN 1 Kab. Tangerang. 

Lu itu dulu orangnya yang suka ngajak debat kalo ngomong, lu pernah sakit hati sama kata kata gue, dan gue pernah bikin lu kesel sama omongan gue. Sebaliknya mungkin sama ke gue juga gitu. Intan, makasih banyak. Allah bantu gue buat lanjut sekolah, melalui perantara itu saat itu. Melalui keyakinan lu kalo gue itu bisa. Makanya waktu pagi pagi di jam sekolah, waktu guru bilogi gue kasih pengumuman ke kelas gue, gue udah tahu banget pasti itu beasiswa yang lu maksud kan Ntan. Makanya tanpa berfikir panjang, gue langsung samperin guru biologi gue itu ke ruang guru. Trus , gue langsung tanya, persyaratanyanya apa aja dan asal lu tau, Kepala sekolah yang baru beberapa bulan menjabat di sekolah gue ternyata adalah Kepala Sekolah lu yang sebelumnya. Makanya, gue makin yakin kenapa gue bisa dapet inromasi ini, Karena gue didukung oleh, Kepala sekolah dan guru bilogi gue yang hebat banget. 

Ntan, makasih banyak, lu dihadirkan oleh Allah swt buat gue saat itu. Jujur aja, gue nggak pinter pinter banget, waktu SMA, nilai IPA gue bisa dibilang masih jauh dari rata-rata. Tapi keinginan gue buat kuliah waktu itu tinggi banget. Gue mau mamah papah nggak sia sia udah punya anak kaya gue. Ntan, gue nulis ini sambil nahan nangis. Masih suka nggak percaya aja bisa sampe sekarang. Bahkan sekarang gue udah punya ijasah S2 di kampus gue ini, di Universitas Gunadarma. Bahkan gue udah jadi dosen disini Ntan. 

Waktu itu gue masih inget gue harus ngumpulin rapot gue selama 5 semster di sekolah, pulang sekolah, sampe rumah, gue langsung poto kopiin, terus besokannya gue kasih ke guru biologi gue itu. Ternyata gue waktu itu nggak sabaran, beberapa minggu gue belu, dapet informasi, gue kira gue nggak lolos karena gue bego Ntan. Ternyata. waktu gue lagi ada jam olahraga diAula sekolah gue, guru biologi nyamperin gue, nanyain yang namanya Era yang mana. Ada surat masuk kalo gue lolos seleksi rapot. Habis itu gue dipanggil buat ujian tertulis Tes Potensi Akademik sama TOEFL. Gila nggak tuh, udah ah gue bego, nggak ngerti pula bahasa inggris. Cuma doa gue kenceng banget waktu itu. Gue langsung siangnya di jam istirahat sekolah, gue pinem buku TOEFL di perpustakaan sekolah tuh, Untung ada. Gue baca tuh sebisa gue. Trus,sampe rumah gue teriak-teraik bilang ke nyokap, "Mah, Era lolos seleksi". Trus, nyokap gue dengan datar bilang " Iya, Mamah juga tau." Trus gue bingung kan. "kok tau Mah?". Tuh , dari tukang pos. Nyokap gue nunjukin surat yang sama dari Tukang Pos yang juga ngirimin ke alamat Rumah gue. Yah nggak jadi surprise kan tuh. Tapi tetep nyokap gue mah masih nggak yakin aja gue bisa . :(((((((

Trus gue bilang, "Mah, ada ongkos nggak buat ke sana , kan harus tes." Trus nyokap gue mungkin lagi mikir kali ya. "Ada". Mungkin, maksud beliou, ada kalo minjem mah , gitu kali ya. Trus Mbak gue rada protes , dia bilang, "Kuliah itu emang biayanya nggak mahal?" . Gue manyun dan bingung. "Gratis kok ini mah nggak bayar". Nyokap gue kasian kan liat gue, akhirnya nyokap gue bilang," Yudah mamah anterin, sekalian main ke rumah Bude, kan deket tempatnya."

Bismilllah, sesuai tanggal tes, gue berangkat sama nyokap. Naik bus AJA waktu itu bus antar kotanya. Kita turun nya nanti ke arah Slipi. Nah, bodohnya, gue kan dasarnya bukan orang Jakarta yang nggak tau , kalo dari Tangerang sampe Depok itu  (kebetulan kampus pusatnya di Depok) berapa jam. Pas, sampe Slipi mau ganti bus yang arah Depok, ternyata bus arah Depoknya jarang ada kaya bus bus  lainnya, gue lupa sekitaran pukul 10an mau jam setengah 11 an kita masih di Slipi dan gue pas liat surat undangan tesnya itu ternyata masuk nya sekitar jam setengah 9an kalo nggak salah. Trus gue tiba-tiba ngeluarin air mata dambil balik badan. Saat itu gue ngerasa, kesempatan gue udah gagal., karena gue nggak bisa ikut tes. Trus nyokap gue bilang, " Lagian nggak bilang masuk jam berapa, tau gitu kan kemarin bisa nginep di bude dulu semaleman". Trus gue bingung sama sekali bingung mau ngomong apa. Akhirnya gue coba telpon pihak kampus sata itu juga, dan untungnya gue punya saldo buat telfon. 

Trus gue hubungin, da diangkat untungnya, masih inget gue Bu Fani yang angkat telfonya, beliou juga dosen di kampus gue. Gue nanya, bu, maaf saya masih ada di daerah Slipi, belum dapet bus, masih bisa ikut tes tidak ya". Entah saat itu Allah bener bener kasih kemudahan buat orang kaya gue,dan keajaiban itu hadir lagi di hari itu. Ibunya bilang, sudah mulai sih tesnya, tapi kita masih bisa tes selanjutnya karena ada dua sesi., jadi kami tunggu ya". WOW. ITU TAKDIR ALLAH BUAT GUE. Kalo buat karena campur tangan Allah , mungkin nggak tuh, lu tes, telat, terus masih boleh tes. Mungkin logika , telat beberapa menit aja langsung didikualifikasi kan. Tapi, kata Allah nggak gitu, kata Allah , gue masih bisa. dan Keyakinan Allah ke gue itu melebihi keyakinan gue untuk diri gue sendiri. MASHA ALLAH.

Akhirnya gue dapet tuh bus 145 kalo nggak salah jurusan Depok. Sampe sampe jam 11 an kalo nggak salah. Gue lari ke gedung 5 lantai 2, Nanya dulu sih ke pak satpamnya. Gue lupa deh lantai 2 atau lantai 3. Akhirnya gue ketemu Bu Fani, trus gue bilang, Mbak saya yang telfon tadi yang telat. "OH, Yaudah surat undangnya ada? cek nama kamu di absen". Kata Ibunya. Alhamdulillah masih ada. Dan , gue di arahin ke ruang tes TPA, Disitulah gue ketemu dengan Pak Remi, yang sampe sekarang pun masih ngebantu gue buat jadi dosen juga. Makasih banyak pak Remi :).

Akhirnya , hari itu gue selesei, dua tes TPA dan TOEFL. Trus gue kasian liat nyokap gue seharian belum makan, Alhamudillahnya gue dapet makan siang pas tes, coba mana ada orang tes dapet snack sama makan siang dan nggak bayar . Wuah. bersyukur banget pokoknya. Akhirnya, makan siang gue, gua kasih buat  nyokap gue yang udah nunggu gue, di gazebo depan gedung dilantai dasar.

Alhamdulilah, bisa kenalan sama temen baru, waktu itu kenal sama yang namanya Karin , dia ambil jurusan Ilmu Komunikasi waktu itu, dia juga dianter sama mamahnya. 

Singkat cerita, ketemu dan temen temen SMP yang maish deket juga, kaya Anna, Dika, ada Ririp juga yang dulu pacarnya Dika dan si Eva juara umum sepanjang abad, dia manusia yang tak terkalahkan waktu SMP, gue selalu juara kedua dan si Eva selalu juara pertama. Sialan tuh orang, pinter banget. 

Akhirnya kita pulang bareng tuh. Tiggal menunggu hasil, nggak tahu sampai kapan. Suka gitu emang, suka dadakn , bikin jantung deg deg an tiba-tiba. 

Pas , jam - jam belajar, kebetulan jam - jam sitirahat pertama. Guru bilogi gue , dateng lagi, kasih surat keputusan kalo ternyata, siswa atas nama ERA AGITA KABDIYONO dinyatakan lulus TPA dan TOEFL dan dinyatakan lulus menjadi mahasiwa jurusan Teknik Sipil dan mendapatkan beasiwa full sampai dengan S2. Waaaaaaaaaaaaaaahhh, temen temen geng ikan gue seneng banget waktu itu. Iya, dulu gue punya geng ikan, ber empat, namnya ikan Hiu, Ikan Betok, Ikan Cuek, sama apa ya gue lupa sebutan buat gue sendiri.  Mereka teriak teraik ikut seneng, sambil bilang, woi Ra, sujud syukur loh. Trus gue bingung. "Malu euy depan umum , nanti dah di Mushola". Jujur, saat itu , BAHAGIAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA BANGET. Icha, Agnes, Desi ini adlaah salah satu bagian terpenting di masa masa  SMA gue dulu. Mereka yang bikin gue semangat belajar, berorganisasi dan bersahabat. Sayang dulu diantara mereka, gue doang yang jomblo, Dan sekarang, menujun 25 tahun, Icah dan Agnes udah nikah, si Desi udah punya calon suami, dan gue tetep masih SINGLE. >,<. 

Di cerita kali ini. Saya ERA AGITA KABDIYONO, usia saat ini almost 25th. Ini kisah saya saat 7 tahun yang lalu. Mengucapkan terimakasih yang sebesarnya besarnya kepada Allah SWT. Mamah, Papah. kedua Mbak saya. Intan Widyastuti , Lisa Rosdiayanti, AgneS Suci Larasati, Desi Eka Nur Fitriana, Pak Guru Biologi (Pak Pris Kalo nggak salah namanya) dan Kepala Sekolah SMAN 1 Kabupaten Tangerang yang menjabat pada tahun ajaran 2010/2011. Atas dukungan kalian semua saya bisa menggapai mimpi saya sampai sekarang ini. Allah sebaik baik nya pemberi balasan untuk kalian semua. Semoga Allah sejahterakan kehidupan kalian di dunia maupun di akhirat. Aamiin ya Rabbal'alamin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM BIDANG TEKNIK SIPIL

PENGARUH EKSENTRISITAS BEBAN TERHADAP DAYA DUKUNG PONDASI DANGKAL

ISD - Part 7