#MIMPI3 SAYA DAN MAMAH UMROH BERSAMA DI TAHUN 2017

Audzubillahiminasyaitonirrojim Bismillahirohamanirohim...
Astagfirullahaldzim...
Astagfirullahaldzim...
Astagfirullahaldzim...

Semoga dengan menceritakan kisah hidup saya yang satu ini, tidak menjadikan saya sebagai orang yang riya, kisah ini saya ceritakan semata-mata hanya ingin berbagi kepada semua tentang kisah saya yang insya Allah memberikan inspirasi untuk teman-teman semua.

Assalamualaikum sahabat..
Jika ada kisah yang bisa dipetik hikmahnya , maka akan menjadi ladang pahala bagi saya, jika banyak mudarat nya, maka saya denga segenap hati memohon maaf yang sebesar besarnya, akan dapat menjadi pengahapus dosa bagi..

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ
إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ
"Labbaikallahumma Labbaik Labbaika Laa Syarikalaka Labbaik Innalhamda Wan Ni’mata
Laka Wal Mulk Laa Syarikalak."
"Aku memenuhi panggilanMu ya Allah aku memenuhi panggilanMu. Aku memenuhi panggilanMu tiada sekutu bagiMu aku memenuhi panggilanMu. Sesungguhnya pujian dan ni’mat adalah milikMu begitu juga kerajaan tiada sekutu bagiMu."
Alhamdulillah pada saat saya menulis kisah ini, saya sudah melaksanakan ibadahn Umroh 8 bulan yang lalu bersama mamah saya. 

Berawal dari saya merangkum berbagai perjuangan mamah sepanjang perjalanan hidup saya selama ini, dan tanpa mengurangi begitu kerasnya perjuangan papah saya, mereka punya porsi yang sama didalam hidup saya, namun kali ini saya akan membahas mengenai kisah saya dan mamah.

Masih inget yah, perjalanan mimpi saya ketika baru pertama kali diterima di salah satu Universitas dengan rejeki beasiswa full sampai S2. Waktu ada hari dimana saya harus tes kesehatan di hari yang sudah ditentukan, seperti biasa , saya di antar mamah ke kampus, ke bagian poliklinik kampus saat itu, mamah menunggu diruang tunggu, sambil saya selesei pemeriksaan oleh dokter , ciye serius amat :).

Selesai tes kesehatan , pas banget kan tuh waktunya nya solat zuhur. Nah, pas disamping ruang poliklinik itu ada mesjid utama kampus. Solatlah kita disana. Pas, masuk disebelah kanan area mesjid, kita masuk, naik tangga menuju ruang solat wanita, sebelumnya tempat wudhunya di samping masjid dekat toilet umum mahasiswa. Pas naik tangga, kan itu ada disebelah kanan tangganya, kalau mau solat atau ambil mukena agak ke kiri terus solat dibarisan tengah kebelakang, karena pad tengah nya void gitu, buat mengarah ke lantai bawah, tempat solat laki-laki dan imam. Nah, waktu itu , saya dan mamah dari habis naik tangga, ambil mukena, kita nggak solat di barisan tengah yang udah ada sajadah nya tuh, tapi kita ke arah depan atau agak ke kanan, dekat dengan jendela sebelah kanan, nah itu bisa kliatan poliklinik nya kalau disitu.

Sampailah, pada perjuangan kami ditutup dengan ibadah kepada Allah swt. Aku solat, mamah soalt, saat itu aku rasanya ingin menangis mengeluarkan air mata, betapa lelah yang kami rasakan semua itu karena lillah, karena perjuangan kami atas ridho Allah swt. Ditu saya berjanji, pada diri saya dihadapan Allah swt. saya tidak akan mengecewakan perjuangan kedua orangtua saya, terutama perjuangan mamah yang mau temenin saya kemana pun saya pergi dan kemana pun saya harus berjuang. Mah, Allah sebaik-baiknya balasa bagimu Mah (sambil nangis nih gue  :(  ..)

Mulai saat itulah, perjuangan selama hampir 5 tahun dimulai. Mulai ngekost sendiri, mulai cari makan sendiri, mulai nyuci baju sendiri. mulai urus keuangan sendiri. Seminggu , dua minggu, sebulan mah drama tangis tangisan mulu dikostan, sakit sakitan lah apalah. Sampai , kalo denger suara mamah di telfon itu, udah deh, tangan , kaki, badan, hati, selemah-lemahnya , serapuh - rapuhnya, nangis itu udah kepengen banget diluapin, tapi suka ditahan-tahan gitu. Sumpah, lemes parah.

Waktu itu,mamah pernah punya impian, pengen berangkat haji ceritanya. Jadi, setiap tetangga ada yang berngkat haji atau umroh, mamah tuh rajin banget bawa-bawain kopernya ke pas dibandara. Berharap ketularan katanya. Mamah sih, ceritainnya sambil ketawa, tapi kok saya sedih yah, dengernya, sebagai anak, malah nggak bisa kasih apa apa ke orangtua. 

Alhamdulillah selama kuliah, saya punya pekerjaan sambilan sebagai pengajar privat. Sempet sih, ngelamar di perusahaan hijab tertnama, tapi nggak lolos, karena fisik kurang sempurna, alias kaga cantik. sedih. Baper dikit, habis itu bodo amat. Nah, selama ngajar kan, alhamdullah dapet penghasilan buat tambah -tambah, dikumpulin lah tuh sedikit-sedikit. Karena saya juga masih dikirimin uang bulanan sama papah, jadi ngerasa cukup banget lah saat itu. Emang sih makan diirit- iritin , jajan dikurang-kurangin, jalan jalan hampir jarang banget, dan beli baju juga kayanya masih bisa diitung berapa kali. Pokoknya dicukupin aja deh.

Liat, perjuangan mamah , saya nggak bisa diem aja .  Saya emang murni selama kuliah 5 tahun sampai S2 itu hanya manfaatin waktu luang buat kerja sambilan jadi guru privat yang waktunya biasa dari sore sampe malem. Jadi nggak ganggu waktu kuliah banget. 
Singkat cerita ya, saya punya tabungan selama saya mengajar, dan setelah lulus, alhamdulillahnya dapet proyekan dari dosen, yang dibayar setelah prooyek itu deal. Kan di pikir-pikir lumayan tuh, sambil cari kerjaan , sambil ngerjain proyek dari dosen.
Sempet agak ada rasa iri sama temen - temen yang udah dapet kerja diluar sana , diperusahaan-perusahaan ternama lah. Nah, sedangkan saya bisa apa? baru lulus S2, nggak punya pengalaman apa apa, kerja nya nanti jadi apa. Lagi-lagi Allah tidak membiarkan saya begitu aja. Pas Januari 2017, saya ditelfon oleh dosen saya, maksa sih nanyanya gini kalo nggak salah,"Ra, kamu udah kerja belum? mau ikut jadi tim saya nggak di kampus?Kalo belum ikut saya aja ya jadi tim saya, kalo mau besok dateng ke kampus". Nah loh, galau saya. Sebenernya, emang sama sekali nggak ada niatan mau langsung kerja habis lulus itu. Rencananya itu mau ambil kursus bahasa inggris, masih inget cerita saya yang bilang katanya bahasa inggrisnya masih jelek banget. 

Karena galau kan, habis di telfon dosen saya, saya langsung tuh telfon mamah dirumah. Saya tanyain semua yang menjadi pertimbangan saya. Trus dingkat cerita mamah bilang gini,"Yaudah era, mungkin ini rejeki kamu, ambil aja dulu, uang gajinya kamu pake buat kursus juga nggak apa apa, mamah nggak minta". Bingung kan. Makin bingung. Karena prinsip saya tuh gini, kalau ibu ridho pasti saya jalaninnya tenang, kalau ibu nggak ridho , pasti saya ngejalaninnya banyak nggak tenangnya.

Disini, posisinya, karena ibu ridho tapi sayanya nggak rela, ya saya ikutin ibu lah.
Selain, ini memang mungkin jalanya Allah, saya ternyata dikasih kesempatan untuk bahagiain orangtua dengan lewat jalan ini. Jadi, singkatnya, pas saya masih ambil ambil les privat waktu saya udah lulus kuliah, di daerah tempat murid saya tinggal itu kan ada rumah travel umroh dan haji gitu. Saya tuh setiap pulang daru rumah muris saya, pasti pas lewat nengok terus ke arah situ, kaya ada suatu energi yang menarik saya dan mengharuskan saya suatu saat kesitu. Bismillah gaji pertama saya bekerja ikut tim dosen saya itu, saya beranikan dateng ke travel itu, niat awalnya cuma tanya tanya seputar ibadahn umroh, biaya dan segala macemnya. Tapi, Allah berkehendak lebih, saya dimudahkan jalannya oleh Allah swt. untuk mendaftar bahkan dikelas VIP pula. dan saya mendaftar sama sekali belum kasih uang DP ataupun apa apa. Karena waktu itu saya niatnya mau bayar DP dulu tapi pihak travel lagi tidak bisa mengakses pembayaran melalui debit atm, jadi saya boleh bayar di rumah nanti. Alhamdulillah banget nggak tuh. Keren banget nggak tuh Allah, Keren banget atau keren banget banget banget.

Jadi, sebenernya, program yang saya ambil itu kan kelas VIP, berati saya harus mengeluarkan uang lebih dari yang reguler kan, dan pasti orang orang yang daftar VIP akan membayar dengan tunai. Tapikan saya modal nekat karena Allah swt. ya, ya jadi saya mau program itu, tapi saya belumb bisa lunas dong. Gimana jadinya?

Saya beranikan diri untuk telfon ke pihak travel dan mengatakan bahwa, sebenarnya saya tidak rela membiarkan ibu saya berangkat sendirian karena saya nggak tahu Madinah itu seperti apa , Makkah itu seperti apa, saya takut ibu saya nanti malah kesulitan nggak ada temanya. Jadi saya bilang ke bagian travel, yang ia bagaikan malaikat buat aku dari Allah juga. Saya bilang, ibu maaf saya kan sebenernya mau ikut nemenin ibu saya, tapi saya nggak bisa bayar lunas, tapi saya janji akan bayar sebelum keberangkatan hingga lunas. Waktu itu saya daftar untuk bulan november dan saya mulai membayar uang mukanya dibulan Januari. Berati saya masih ada kesempatan melunasi, 10 bulan kedepan, bahkan bisa kurang dari itu.

Wallahualam, Allah Maha Pemurah, Allah Maha Penyayang, Allah Maha Pengasih, ..
Sepanjang perjalanan dari bulan Januari , februari, Maret dan seterusnya, saya dikasih rejeki sama Allah yang nggak terduga - duga, saya diketemukan sama orang orang yang teramat baik. Sehingga Allah mengeirimkan rejeki nya melalui orang orang baik tersebut.

Saat itu saya baru sadar,"Kenapa bodoh banget ya gue, kenapa nggak dari dulu gue daftarin nyokap gue, kenapa nggak dari dulu gue punya pemikiran kaya gini. Soal nya bener bener saya baru ngerasain yang namanya rejeki dari Allah itu bisa dateng dari mana aja, kapan aja dan dari siapa aja, karena pintu rejeki itu memang ada di 7 tempat yang Allah kehendaki, dari yang pernah saya baca. MASHA ALLAH. 



Dan lebih parah hebatnya lagi adalah, alhamdulillah setelah daftarin mamah, ternyata Allah meneguhkan hati saya untuk ikut mendampingi mamah. Perjalan selama 10 bulan itu saya lalui dengan rasa syukur yang nggak ada habis-habisnya. Allah Luar Biasa Banget. Banyak yang bilang saya itu orangnya ambisius, tapi padahal saya juga sering mengeluh kalo lagi dikasih ujian, cuma nggak lama, ya harus bangkit lagi, semangat lagi. 

Alhamdulillah tepat tanggal 21 November 2017 saya, mamah dan rombongan berangkat menuju Arab Saudi untuk melaksanakan Ibadah umroh untuk yang pertama kalinya. Kali ini, seumur hidup saya, saya merasakan bangga dna bahagia bisa mewujudkan impian mamah , yang seumur hidup juga saya nggak pernah bayangin sama sekali, raanya bawa koper ke bandara itu gimana, rasanya mengucapkan kalimat, "Labbaikallahumma Labbaik Labbaika Laa Syarikalaka Labbaik Innalhamda Wan Ni’mata Laka Wal Mulk Laa Syarikalak", itu luar biasa gemeteranya luar biasa , tangis, haru bercampur jadi satu.

Tau , nggak sekitar 2011 mamah dan saya duduk di mesjid kampus sehabis solat, pas ditahun 2017, kita duduk di tempat yang sama ya mah, diposisi yang mungkin nggak jauh beda, aku yang tadinya hanya mahasiwa baru yang masih menggenggam buku tulis atau berkas-berkas pendaftaran, berubah menjadi aku yang bisa pegang formullir pendaftaran keberangkatan Umroh untuk mamah. 6 tahun nggak berasa ya mah. Ku terbangga.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM BIDANG TEKNIK SIPIL

PENGARUH EKSENTRISITAS BEBAN TERHADAP DAYA DUKUNG PONDASI DANGKAL

ISD - Part 7