MIMPI JADI ARSITEK

Oke, saatnya bercerita ...

Jadi, selama kuliah tuh banyak banget yang nanya, kenapa kamu kuliah ambil jurusan teknik sipil? bukannya teknik sipil itu kerjanya jadi tukang bangunan yah? Untuk orang awam yang nggak tau apa apa tentang dunia sipil kaya aku ini akan punya pemikiran yang sama tentang teknik sipil ujung adalah tukang bangunan. Nggak kebayang kan kalo cewek jadi tukang bangunan. ahahha. Emansipasi wanita coy, cewek bisa jadi apa aja. ahahha. Kenyataannya banyak kok yang begitu, cuma kita jarang liat aja. 

Nah, malahan adalagi yang ngiranya, kalo teknik sipil itu kerja akalan jadi PNS, emang sih PNS itu kan singkatannya Pegawai Negeri Sipil. sebagian besar pekerjaannya juga nggak jauh - jauh soal pembangunan dan tata kota. Eh, tapi bukan itu. Kita lebih ke tekniknya. Jadi segala sesuatu yang berhubungna dengan Perencanaan, Rancangan tata kota, Rekayasa Infrastruktur, dari mulai air, tanah, darat , laut, udara, semua ada deh. Teknik sipil itu lebih luas lagi. Jadi, kalo nanti diantara temen - temen ada yang ditanyain begini, jawabanya, gitu aja kali ya, Teknik Sipil itu mirip "Tukang Bangunan" tapi versi kerennya. ahahhaa.

Nah, terus kenapa mimpinya jadi Arsitek?
Pengen jawab, tapi rada males ngetik gitu, enakan ngomong langsung ahaha..
Jadi waktu kecil itu suka kagum banget sama tampilan - tampilan rumah dan gedung yang dibentuknya unik banget, nah aku baru tau tuh kalo semua itu atas keahlian Arsitek. Jadi, waktu kecil itu, suka banget liatin rumah-rumah orang yang unik, yang kaya ada di film-film disney gitu atau film-film dongeng yang versi Indonesi gitu, sekarang banyakan lupanya daripada ingetnya. 

Nah, dari situ mulailah muncul benih-benih kecintaan terhadap Arsitek. Jadi kalo ditanya cita-citanya mau jadi apa, ya jawanya itu "Mau Jadi Arsitek". Beda banget kan sama anak - anak kecil pada umumnya, yang cita-citanya pengen jadi Dokter, Guru bahkan ada yang mau jadi Presiden segala. Kalo aku sih mendingan jadi istrinya Presiden aja, ahahhahaa.

Terusnya itu pas aku duduk di bangku SMA, pas kelas 11 SMA itu ada yang namanya pelajaran seni budaya, sama aja kan kaya sekolah umumnya ada seni budaya. Nah, disekolah aku ini bedanya adalah seni budaya untuk anak IPA adalah seni budaya tentang Gambar Perspektif gitu. Jadi materi pertama itu tentang menggambar bebas apa aja yang kita bisa. Boleh gambar apa aja,kalo nggak salah dulu itu aku gambar Burung Garuda deh, soalnya waktu itu dirumah cuma ada 1 pajangan aja di tembok (kata lain dari dinding) ya itu "Burung Garuda" yang kepalanya nengok ke kanan kalo nggak salah. ahaha

Yaudah buat tugas pertama di sekolah pake gambar itu aja. Alhasil dapet nilai 7 atau 7,5 ya, lupa banget deh. Pokoknya masih jauh dari kata bagus deh. Nah, tugas-tugas beriktunya itu, baru mulai ada yang namanya perspektif satu titik, perspektif dua titik sama tiga titik. Ini nih yang bikin ada suatu yang beda di pelajaran seni budaya ini. Jadi disini kita ditantang untuk berfikir lebih luas lagi tentang dunia seni menggambar. Oiya, baru inget nama mata pelajarannya itu "Teknik Bangunan" kalo nggak salah lagi ----__----.

Mulailah benih - benih cinta sedari kecil tumbuh kembali, jadi kaya mimpi nyabisa terealisasi disini. Sorry nggak bisa jelasin tentang cara menggambarnya, mending ngomong langsung kalo ada yang nanya, syukur-syukur sih nggak ada, ahahhaa. Tapi, asal kalian tau aja, selama aku ngegambar itu nggak ada satupun nilaiku yang bagus, sampe saat itu juga masih nggak sadar-sadar kalo aku ini sebenernya nggak bisa, ahaha. Tapi ada sih, temen di kelas yang jago banget gambarnya, dan terbukti sampe sekarang dia masuk jurusan Arstitek di UPI dan S2 Arsitek di ITB denger-denger, nah itu baru Arsitek sejati, bukan jadi ngomong doang kaya hmmmmm siapa yaaaaa.

Udah tau kan tuh menggambar perspektif. Pas dikelas 12 SMA itu ada yang namanya materi Teknik Bangunan. Jadi di kelas 12 itu kita awalnya disuruh beli penggaris, kan penggaris yang kita tau penggaris ukuran 30 cm aja ya. Baru tau kalo ada lagi penggaris 30 derajat, 45 derajat, 60 derajat sama 60 cm. Itu semua kepake loh. Jadi materi pertama itu kita disuruh gambar simbol - simbol, nggak tau dah nama simbolnya apa, cuma disuruh sama gurunya (gurunya cewek) diajarin cara gambarnya, bikin titik-titik ke arah 30 derajat, 45 derajat sama 60 derajat. Lama - lama disuruh bikin pola batu-bata di kertas A3 , terus kita disuruh bikin ulang pake maket gitu, jadi bentuk 3D, jadi tugas besar banget tuh SMA, udah kaya tugas besar kuliah. Nahm yang buat nilai praktek UN ini nih, disuruh merancang gambar rumah, dari denah tampak atas, samping kanan-kiri. gambar pondasi, gambar sketsa rumahnya, gambar atap, kuda-kuda, sedetail mungkin deh pokoknya. 

Nah, pas lagi jam pelajaran si Ibu Teknik Bangunan itu ditengah-tengah temen-temen kelas pada ngerjain, mulailah curi waktu ibunya buat nanya, ini serius loh, nyamperin ibunya, trus ngobrol deh, awalnya sih nanya, "BU, Ibu kok bisa sih ngajar beginian, emang Ibu kuliahnya jurusan apa?" tanyaku. Trus ibunya jawab, " Saya dulu kuliah jurusan teknik bangunan di UPI." jawab ibunya. Tanya lagi doonggg, "Terus kok ibunya bisa ngajar matematika?". (soalnya kalo di kelas 10 ibunya ngajar matematika). "Iya, di teknik bangunan kan kita belajat eksak juga, jadi matematika tetep dipelajarin. Ini sih kalo nggak salah jawabanya, atau kuliah 2 jurusan atau gimana gitu. LUPA!!!. Terus, nanya lagi deh, "Bu, saya kan pengen banget masuk kuliah jurusan arsitek ya Bu, menurut ibu kalo Arsitek sama Teknik Sipil bedanya apa?" Ibunya jawab apa ya, kalo nggak salah gini, sebenernya hampir sama, bedanya kalo Arsitek kan lebih ke gambar , kalo Teknik Sipil lebih ke hitungannya, tapi kalo kamu mau masuk Arsitek atau Teknik Sipil ya sama aja." Nah, kalo jawabannya begitu galau kan saya, secara uang nggak punya buat kuliah, ditambah mau ambil jurusan yang agak berat menurut aku pribadi, ahaha. Nekat banget. Iya salah satu keunggulan aku ini ya itu, modal nekatnya parah banget, ya kalo nggak nekat kita akan stuck di satu tempat aja, nggak kemana-mana, yang ada malah nggak jadi apa-apa. PRINSIP. Alhamdulillahnya, ada guru biologi (cowok) yang pas jam istirahat ngumumin kalo ada Universitas yang lagi nyari lulusan baru untuk ikut beasiswa di kampus nya khusus Jurusan Teknik Sipil dan Ilmu komunikasi. Naaaaahhhh, yang sipilnya kan jadi kepincut tuh, secara pas banget nggak punya modal buat kuliah, dan Allah saat itu bener-bener kasih jalan banget buat aku ambil kesempatam baik itu. Akhirnya dengan modal nekat juga aku ambil kesempatan itu. Alhasil ,langkah demi langkah aku dinyatakn lolos masuk jurusan Teknik Sipil di Universitas Gunadarma bahkan sampai bisa S2.Allah baik banget kan. 


Nah, kalian baca capek-capek baru nyadar kan kalo judul sama isi nggak nyambung. Kan namanya hidup penuh banyak warna. Kita harus mensyukuri nikmat Allah. Ini jalanNya untuk aku. Insya Allah kalo emang Allah kesempatan siapa tau dapet jodohnya Arsitek. Kan jadi klop banget tuh. aamiin. Pesennya buat temen-temen, kalo kalian punya mimpi dan cita-cita kejar aja sejauh mungkin, kalo nggak dapet-dapet pas dikejar jangan langsung nyerah gitu aja, minta sama Allah jalan lainnya apa yang terbaik buat kita. Contoh dari pengalaman hidup saya , nggak jadi Arsitek ya sekarang bisa jadi Civil Engineer dan kerjaan masih gabung kok sama Arsitek. Jadi, sebenernya Allah itu sudah mengabulkan doa saya dengan cara lain. Semoga lagi-lagi jodohnya Arsitek. 

Buat temen-temen semua, jangan capek punya mimpi, jangan lelah bermimpi , bermimpi sebanyak - banyak nya , kalau ada mimpi yang nggak tercapai kan masih banyak cadangan yang lain. Daripada hidup nggak punya mimpi sama sekali, jadi nggak semangat jatohnya cuma nunggu mati aja, kan nggak berkesan tuh. Semangat deh pokoknya. Selamat bermimpi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM BIDANG TEKNIK SIPIL

PENGARUH EKSENTRISITAS BEBAN TERHADAP DAYA DUKUNG PONDASI DANGKAL

ISD - Part 7