KOK BISA IKUT SHORT COURSE HAKI 2017?

Pengalaman pertama buat saya yang sangat berharga. Kenapa? Karena bisa masuk kedalam bagian dari salah satu kegiatan HAKI itu buat saya adalah hal yang luar biasa sebagai seorang civil engineer. Sekilas saya menceritakan tentang HAKI. 

HAKI merupakan singkatan dari Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Oktober 1971 oleh 36 orang Insinyur dalam bidang ketekniksipilan yang bertujuan untuk meningkatkan taraf ilmu teknik konstruksi khususnya dibidang struktural engineering dan membina perkembangan serta kemajuan para ahli konstuksi dimana untuk menunjang semua itu, diadakanlah beberapa kegiatan seperti seminar dan pameran, shor course, sertifikasi keahlian (SKA) dan penerbitan jurnal dan newsletter. Beberapa dari temen-temen yang kuliahnya jurusan teknik sipil, pasti nggak asing sama kata HAKI itu sendiri, emang sih sebernya di teknik sipil itu minta ilmunya macem-macem , dari darat, laut, tanah, air , udara, jalan, infrstruktur semua ada dan masing-masing kalo nggak salah ya, punya himpunannya sendiri, kaya HAKI kan sebenernya luas yang dibahas tapi dkhususnya ke arah struktural engieering. Ini sepengetahuan saya aja ya, selebihnya kalian bisa liat di website nya http://haki.or.id disitu jelas banget dari mulai pengenalan apa itu HAKI , tujuan, keanggotaan,  sampe ke kegiatan yang sudah berlangsung.

Nah kenapa saya tertarik dengan HAKI ini, karena jujur aja berawal dari saya sebagai mahasiswa teknik sipil kala itu, nggak paham sama sekali sama dunia teknik sipil, kaya "gue masuk sini itu mau ngapain? gue bisa apa? gue bakal jadi apa? gue ngerti atau nggak!". Tapi kan saya nggak bisa diem diem aja, dengan ketemu sama senior di kampus, dunia luar melalui seminar atau kunjungan, sedikit demi sedikit kan saya jadi tau soal teknik sipil, pekerjaannya, hasil yang sudah dibuktikan dilapangan, ya minimal saya tau lah kalo di teknik sipil itu kerjanya kalo nggak kontrakor ya konsultan perencana, itu dasar banget sih yang saya tau. hehehee.

Jujur aja, mau paham banget tentang materi di teknik sipil itu nggak gampang, nilai kuliah seadanya asalkan nggak minus, materi utama aja ya Allah, diremedial aja saya masih bersyukur, dikasih nilai aja saya udah alhamdulillah , ahahaa,  materi fisika yang segitu  rumitnya waktu SMA , ini tuh lebih rumit lagi, secara otak saya pas-pasan, kemapuan seadanya, sebisanya, tapi kemauan segede-gedenya, kenekatan setinggi-tingginya. Ya, nggak adil lah kalo orang yang lemah selalu terus jadi yang terbelakang, seenggaknya kita mau belajar mau berusaha, mau belajarlah. Daripada kita udah bisa tapi nggak mau belajar, kan jadinya malah bahaya. 

Babak baru dimulai pada saat saya mau memulai mengerjakan tugas akhir saya di semester akhir di S1. Itu serius bingung banget mau pilih peminatan apa, secara semuanya nggak ada yang saya kuasai, tapi yang saya mau ada 2 pilihan, yaitu pilihan 1 itu struktur sama pilihan 2 nya transportasi. Karena cuma 2 hal itu yang setidaknya saya punya pikiran buat ngerjainlah nantinya. Tapi, dari lubuk hati yang paling dalam, saya pengen banget masuk ke peminatan struktur. Kenapa?

Jadi gini, menurut saya, jadi insinyur teknik sipil, minimal saya ngerti cara bangun gedung, minimal saya paham tentang gedung-gedung di Indonesia, minimal ilmu itu yang saya punya. Padahal itu gedung bisa begitu saya ngitungnya nggak kebayang susah nya kaya gimana. Akhirnya dengan kenekatan saya yang bisa dibilang kepedean itu, saya ajukan 2 proposal saya, struktur dan transport. Sembari saya ajukan proposal itu, saya banyak banget nanya-nanya sama senior saya yang udah jago banget, ahli banget di bidangnya, bahkan sekarang dia nya aja udah kerja di salah satu konsultan ternama, PT. WIRATMAN. Gimana nggak keren kan tuh orang. Sebut saja dia Kak Hamzah. Biasa saya manggilnya itu ,hhaa.  Iya jadi saya banyak tanya, banyak sharing, tentang tugas akhir saya nanti, dari 2 pilihan proposal saya itu , dia pastinya dorong saya banget untuk ambil yang strukturnya. Dia bilang gini Menurut gue pribadi, anak teknik sipil, belum afdol kalo belum ambil struktur buat tugas akhir". Kan kan jadi rasuki struktur sama dia, tapi disitu saya mikir, sesuai juga saya apa yang saya pikirin saat itu. Kalo anak teknik nggak paham struktur gedungnya, kayanya belum bisa dibilang anak teknik sipil gitu. Padahal mah sekarang-sekarang ini, saya baru tau dunia sipil itu luas banget, nggak bisa diukur dari satu faktor aja. Ya namanya juga manusia, kalo nggak banyak baelajar, nggak banyak tau dunia luar, nggak akan sadar kalau dia itu emang nggak tau apa apa sebenernya, ahaha. kaya saya ini.

Okelah,sampe di sesi curhat sama senior saya, akhirnya selang beberapa bulan setelah penyerahan proposal, tibalah pengumuman, penempatan minat untuk masing-masing mahasiswa, daaaaaaaaaaaannnnnnnnn apa yang terjadi??? 
Jadilah saya masuk ke peminatan struktur, dari situ saya mikir, emang udah jodoh kali ya. Udah deh, disitu saya kalang kabut, mau ambil tema apa, mau bahas apa, nanti ngitungnya gimana, emang sih kuliah diajarin semua, tapi nggak saya bukan tipe orang yang gampang langsung nangkep cepet, nggak bisa fokus dalam banyak hal, kalo satu itu ya itu, suka panik sendiri, uring-uirngan nggak karuan, udahlah, nano nano rasanya. Tapi saya percaya Allah pasti bantu saya, pasti nolong saya, pede aja sayamah , toh ada dosen pembimbing ini.

Selama proses ngejalanin skripsi itu, jujur aja saya banyak banget yang baru taunya, banyak banget yang baru ngerti nya, jadi kaya ooh gitu ooh gini ya, trus sama temne-temen kaya yang, "kemana aja lu Ra pas kuliah?" ahahhaa. saya pun hanya bisa tertawa. Nggak apa apa, kan jadi banyak tau. Banyak belajar sama temen yang udah expert banget di bidnag struktur, belajar banyak banget juga sama senior ya si Kaka Hamzah itu yang super duper keren itu sampe bisa kerja di konsultan yang di mau. Selama ngerjain skripsi pun nggak gampang gitu aja, nggak cuma bermodalkan nekat dan mau, nggak cuma bermodalkan oh aja, tapi gimana cara nya muter otak dari yang nggak paham apa apa bisa sampe punya ide sendiri dalam sebuah perencanaan gedung. Jadi aja kan , sakit-sakitan, uring-uirngan, jam tidur kadang bisa sampe cuma 4 jam bahkan nggak tidur sama sekali, laptop nggak pernah mati, kopi nggak pernah kehilang stok, duit udah habis buat segala macem , stress udah diujung, saat itu dibilang mau nyerah atau nggak ya "mau banget nyerah". Orang udah nggak sanggup lagi. Orangtua tiap telfon, nanyain progres aja udah kaya dosen pembimbing. Pembimbing juga setiap ketemu minta progress, sedangkan saya sering banyak masalah buat ngerjainnya. Jadilah saya minta bantuan team struktur yang udah ahli banget, kaya Aci, Aep, Vina, sama Kak Hamzah juga apalagi. Duh kalo nggak ada mereka saya bisa apa, bisa ketinggalan jauh mungkin saya. Tetep minta pertolong Allah setiap nggak nemu jawaban dari masalah. Tetep setiap doa itu mintanya macem-macem. Sampe otak ini dari yang mau dipaksa buat muterin ide, sampe stuck nggak mau disuruh ngapa-ngapain lagi, udah sampe titik jenuhnya, udah nyerah senyerah nyerahnya. Kadang suka ngomong sendiri , "Ngapain sih ambil perencanaan struktur gedung kalo emnag nggak bisa Ra!" Kenapa nggak ganti peminatan aja yang gampang (padahal nggak tau ada yang gampangkah selain ini). Udah deh, kalo nangis mah udah keseringa, mata ini udah cape kali ngeluarinya. Asal inget Allah aja, asal inget mamah papah keluarga dirumah aja, bangkit lagi semangatnya, belajar lagi. DAN AKHIRNYA SAYA MAMPU menyelesaikan tugas akhir saya, walaupun banyak revisi, tapi SAYA LULUS S1 juga dibidang peminatan struktur.yeeeeaaayyy. Berkat Allah berkat orangtua dan berkat teman dan teman-teman semua. thank you all. 

Nah dari situ, dari penglihatan saya terhadap Kak Hamzah ini, ternyata dia nggak cuma bisa kerja di konsultan keren aja, ternyata dari situ dia bisa masuk ke dalam salah satu kegiatan HAKI, yaitu seminar dan SHort Course HAKI, lupa kira - kira itu tuh tahun 2014. Dia bisa jadi peserta disitu, jelas donmg saya langsung tertarik untuk ikut, tapikan apadaya, biaya daftarnya aja untuk kelas mahasiswa menurut saya lumayan mahal, nggak kaya kak Hamzah yang bisa dibayarin sama perusahaanya, hebat banget kan :(. Pas dia ikut, dia cerita semuanya, keseruan acaranya, temanya, hasil diskusinya, ilmu yang dia bawa ke kita-kita itu berasa banget, disana dia ketemu Insinyur-Insinyur dari seluruh Indonesia lah apalah, kebayang sih bahagianya dia kaya apa. Hebatnya parah, dia bisa sampe jadi salah satu pembicara di seminar HAKI tahun 2016 (kalo nggak salah) .Nah dari situ dalem hati udah punay tekad, kalo dikasih kesempatan sama Allah , ada uang lebih , saya mau daftar sendiri, apaki uang sendiri, saya pengen liat langsung gimana HAKI itu , gimana isinya, gimana jadi bagian didalemnya. Pokoknya harus bisa , harus bisa.

Sampe pada tahun 2017 ini, lagi-lagi si Kak Hamzah itu ngingetin, "Tahun ini mau ikut jadi peserta seminar atau shor course HAKI nggak? Ini kesempatan langka loh, mahal sih, tapi sebanding kok". Duuuhhhhh, rasanya tuh di hati kaya ketar - ketir, ikut nggak ikut nggak, mau iktu tapi mahal, kalo nggak ikut nanti nyesel lagi, udah 3 tahun nunggu puya uang, sekarang udah ada uang lebih dikit buat ikut, sayang nggak bayar segitu, dan akhirnya saya membuat negosiasi kalau saya mau ikut hanya untuk short coursenya aja, ya semoga aja tahun depan dapet lebihan uang lagi bisa ikut sama seminar seminarnya ya kan. Daaaaannn akhirnya saya daftar untuk menjadi salah satu peserta shor course HAKI 2017 dengan tema "Perancangan Gedung Bertingkat Tahan Gempa Sesuai SNI 1726 - 2012 bAGIAN kE-2" nah pas yang bagian kedua kan tahun 2016, itu pas saya nggak mampu untuk ikut ahaaha.\

Jadi, bisa jadi bagian (wlaaupun bukan anggota) dalam kegiatan HAKI, itu udah termasuk salah satu impian saya setelah lulus S1, karena saya mulai menyukai dunia sipil dibidang struktur, saya jadi mau nambah wawasan saya tentang struktur gedung tinggi dan  banyak mau tau tentang dunia luar yang dulunya saya cuek banget. Perasaanya? Seneng iya, terharu iya, bangga apalagi, excited iya pake banget dan ketagihan? Iya , rasanya pengen dateng lagi di kegiatan seminar dan short course HAKI tahun depan, syukur bisa jadi anggotanya, bisa kenal sama Insinyur-Insinyur hebatnya, kaya pembiacara kali ini, yaitu Bapak Ir. Davi Sukamta dan BapakNick Alexander M.Sc. 

Jadi buat temen-temen yang pengen banget belajar tentang teknik sipil, tetep semangat, jangan bosen - bosen belajar. Cari ilmu nya jangan stuck didalem kampus aja, berani keluar, berani ngakuin ke diri sendiri kalo "saya masih banyak tidak taunya makanya saya harus belajar".


Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM BIDANG TEKNIK SIPIL

PENGARUH EKSENTRISITAS BEBAN TERHADAP DAYA DUKUNG PONDASI DANGKAL

ISD - Part 7