MAMAH

Jadi, aku itu paling sedih kalo yang namanya liat orang -orang mampu, apalagi dalam segi materi itu udah diatas rata-rata dari cukup deh, sorry definisiku masih kacau, orang yang mampu tersebut nggak mau pake hartanya buat hal-hal yang mengarah kepada kebaikan, ya kaya misalkan sedekah ke anak yatimlah, atau zakat atau apalah. Sebenernya mau bilang juga, kenapa uangnya nggak di pake umroh atau haji aja, ahahahha, itu sih yang mau dibahas disini. Tetanggaku dirumah semua orang berada, mereka punya semuanya, rumah, motor, mobil bahakn salary mereka perbulan lebih besar daripada keluargaku, tapi sedikit banget yang aku liat diantara mereka yang mau sisihin uangnya buat pergi umroh atau haji. Sedangkan, mamahkan adalah orang yang selama ini aku kenal, yang punya mimpi besar banget buat ke tanah suci. Bahkan, kalo diliat dari segi materi, ya Allah, apasih yang kita punya, buat makan aja pas-pasan, buat biaya sekolah aja sering pinjam sana sini, bahkan sering nunggak, buat uang saku sekolah aja harus mikir buat nyari dimana, ahahha, harusnya kita yakin Allah udah kasih semuanya, tinggal kita yang berusaha menemukan. 

Mamah,
Mamah itu seorang wanita, seorang ibu, yang "sama aja" kaya ibu pada umumnya, cuma bedanya agak lebih galak aja dikit, agak lebih cerewet, nggak mungkin kalo dulu aku kecil, setiap salah ngapain aja, langsung deh kena omelan. Bahkan kita nggak ada yang bisa ngelawan, masih inget, terakhir itu, waktu kelas 1 atau 2 SD gitu lupa, ada PR dari guru , itu tuh PR matematika dimana aku bego banget di materi itu, penjumlahan bilangan bulat aja masih nggak bisa, nggak bisa bedain pengurangan 10-5 sama 5 -10 , dikiranya sama aja , ya sama sama sisa 5, padaha; ada perbedaan tanda (-) dan (+) disitu. Alhasil dapetlah nilai 0 tuh dikasih sama gurunya di buku tugasnya. Ya, kalian bisa bayanginlah, apa yang orangtua kalian lakukan pas tau anaknya dapet nilai 0 di buku tugasnya, apalagi matematika. Pasti kata-katanya macem-macem (maaf) "dasar bodoh, gini aja nggak bisa" ini contoh yah. Ya semua nggak bener contohnya. ahahhaaa. padaha; ada bahasa lain yang lebih mengerikan lagi dari ini. Iya itu dia, jadi mamahku itu nggak berenti marah soal nilai 0 yang terpampang nyata di buku tugasku, kasiannya lagi , yang salah 1 anak, yang kena semua isi rumah ahhahaa. Itulah Ibu. Pernah waktu itu ujian UAS dari sekolah, dan sekali lagi mau bilang, aku itu "bodoh" banget, bloon gitu, ngak ngerti - ngerti kalo diajarin, kalo orang normal pada umumnya yang namanya ujian itu belajar materi yang mau diujianin, kalo aku itu nggak, "CUMA BACA JUDUL SUB BAB" dari buku paket pelajaran yang mau di ujianin besok, cuma nada nya aja dikerasin pas lagi belajar biar mamah itu tau kalo aku lagi belajar buat ujian. Ya hasilnya besokannya pad liat soal, wassalam lah, liat soal kaya liat beban hidup, "Berat Banget", bayangin apa yang aku pelajarin malemnya , disoal itu semua nggak ada yang sama, Yaiyyalah Ra, lu baca judul nya doang!!!". Itu bener-bener kalo anak terbodoh di dunia saat itu, mungkin aku orangnya. Terbukti, pas pembagian raport kenaikan kelas, pas banget kan , siapa yang akan mengambil raport anaknya? YA!! benar sekali. MAMAH. Mamah yang waktu itu bela-belain nggak kerja demi ngambil raport anaknya yang jelek tapi bego. -_-. Niatnya mau bae-baein anaknya. Duh. pas liat lembar jawaban aku beserta nilainya. Jreng jreeenggggggg. Nilai di raport sama nilai hasil ujiannya beda jauh. Jadi, nilai diraportku itu jelek banget, tapi nggak sampe warna merah tragois gitu, masih iteman, itutuh beda jauh banget sama nilai yang ada di lembara jawaban ujian aku. Apa yang terjadi? namanya juga ibu-ibu kan? iya kan? ya pasti ngomel lah, marah-marah dirumah ,eh nggak di jalan dulu, aku sih disampingnya diem aja sambil dag dig dug, pas sampe rumah itu langsung ngomel-ngomel ke seluruh isi rumah , ke mbak (kakak perempuan) , ke tetangga semua ke ceritain, "Ini si era, nilainya bagus, sama gurunya malah dikecilin nilainya, coba gimana itu gurunya". Disitu posisinya, aku sama mbak, saling lirik , saling lirik, saling diem, ya kan kita mah takut lah. 

Jadi, setelah amarah mamah mereda, barulah ada kejujuran disitu, tau apa yang terjadi? kalo diceritain agak malu sih sebenernya, dan jangan dicontoh yah. Jadi, sebenernya itu, pelakuknya adalah kakak perempuanku. Jadi, sebelum kejadia pengambilan raport itu, kertas ujianku udah dibagiin sama guruku, dan semua nilaiku anjlok, alias dibawah rata-rata, nggak ada yang bagus, pokoknya oon kuadrat deh, blooon banget emang, parah banget, bahasa sekarang mah bego kali ya aahahaha, ya gitu, pas tau nilaiku jelek semua nggak ada yang bagus, si mbak itu berinisiatif buat ganti angka jadi 7 atau 7,5 mungkin awalnya  1 atau 2 ahahha emang lucu banget itu, nggak lupa dulu mbak bilang apa, cuma kaya bilang "yaudah nggak usah bilang-bilang mamah, daripada kamu nanti diomelin lagi" kebayangkan betapa takutnya kita waktu itu sama yang namanya mamah. Tapi, itu masa lalu, orang boodh nggak selamanya bodoh, orang bego nggak selama nya bego, mereka hanya belum menemukan guru yang tepat dan potensi yang besar di diri mereka itu seperti apa. Alhamdulillah dari nilai 0 besar di ujian matematika , aku pernah dapetin nilai 98 mamateika di  raport waktu SMP, bayangin, naik 98% dari semula. Roller Cpaster juga kalah cepetnya. Hidup itu nggak cuma stuck di satu tempat dibilangin, hidup itu proses, proses menemukan yang tepat. Ini aku cerita berdasarkan kenyataan dan pengalaman loh, jadikalo aku ngomong bukan basa - basi atau hanya teori, tapi ini sungguh terjadi di diri seorang Era.

Nah, semenjak kejadian nilai ujian yang dimanipulasi itu, mamah jadi malu dong udah cerita ke orang-orang kalo nilaiku itu harusnya bagus, tapi dijelek-jeleikin sama gurunya, yaudah deh habis itu, kita kira mamah mau marahin kita, nggak taunya diluar dugaan, mamah malah ketawa- ketawa, nggak tau malu nggak tau baru nyadar kalo anaknya bener-bener bego. ahahhaah 

Mungkin semenjak kejadian itu, mamah jadi pasrah banget sama anaknya ini, akhirnya dibiarin aja , nggak terlalu dipikirin soal pelajaran aku. Tapi disitu , aku jadi sadar, aku nggak boleh gini-gini aja, harus berubah , harus jadi lebih baik lagi, nggak usah jadi juara, minimal ngerti sama pelajarannya, nggak usha jadi yang pertama, minimal nilai sekolah ya sewajarnya aja. Alhamdulillah tahun demi tahun aku naik kelas, lama-lama aku jadi masuk peringkat 5 besar dan aku bisa masuk SMP negeri keinginan papahku dan itu pake jalur tes lagi. Hebatkan. kalo ada yang bilang nggak, ketauan tuh sekolahnya nggak pernah ngerasain bego. ahahhaa

Kadang kita itu sadar bukan karena disadarin orang, tapi sadar secara alamiah bahwa kita harus berubah demi orang-orang tercinta disekeliling kita. Kalo dulu, aku sadar karena harus ngebanggain orangtua, oragtua udah susah payah lkerja keras banting tulang buat biayain sekolah aku, jadi aku minimal harus sekolah yang bener, yang rajin, dan nggak perlu nilai bagus asal naik kelas. ahahhahaaa. Dan semua ternbukti, selama SMP, aku bisa dapet peringkat 4 dismester awal kelas 1, peringkat 1 dimester akhir kelas 1  dan peringkat 2 selama 2 tahun, kelas 2 sampe kelas, satu angkatan, bukan satu kelas dengan nilai matmatika tertinggi 98. Dahsyatnya kebesaran Allah dan seorang Ibu. Aku juga bisa masuk SMA favorit di Tangerang dan bisa kuliah sampe punya gelas master. Masya Allah. 

Nalurinya seorang ibu begitu, suka marah-marah, suka ngomel-ngomel, kesanya galak, tapi kita juga harus inget, kalo mamah kita nggak kaya gitu, bahkan terkesan biasa aja, itu malah yang aneh, anak kandung bukan luh! ahaha, just kidding. 

Mamah itu wanita yang hebat, doanya itu yang luarbiasa, mamah itu marah ke kita karena pengen supaya kita jadi lebih baik, karena kalo bukan mamah siapa lagi yang mau negur kita kalo kita salah? Orang lain itu tekesan cuek, nggak peduli, cuma manas-manasin kita kalo ibu kita inilah itulah, yan sebenernya tau ibu kita ya kita sendiri, jadi pertahankanlah membela keluarga kita dari prasangka-prasangka oranglain yang nggak tau apa-apa tentang keluarga kita. Mamah itu sebenernya perasa bangat, kalo aku sakit, mamah yang rawat kita, mamah yang jaga kita, bahkan jamannya aku masuk rumah sakit gara-ara kena DBD itu,mamah sedektikpun nggak pernah ninggalin aku, aku nggak yakin ada mamah yang seperti ini selain mamahku. 

Mamah itu manusia terindah yang diciptain Allah buatku sebelum papah, ciyeeeeeeeeeeeeeee...

Nah, nggak nyambungkan cerita sama judulnya lagi-lagi. Jadi, karena aku nggak bisa bales apa - apa ke mamah,aku tuh curiga, kayanya mamah itu impiannya pengen banget ke Tanah Suci. Karena itukan emang sejarah Islam semua ada disitu dan ketenangan , kedamaian itu semua ada disitu, bahkan itu adalah tempat berkumpulnya seluruh umat islam dari penjuru dunia dan Ka'bah sebagai kiblatnya umat islam. Aku cuma berdoa sama Allah, semoga aku bisa bawa mamahku ke Tanah Suci untuk beribadah kepada Allah dan melihat keagungan Allah yang selama aku cuma tau dari cerita-cerita guru ngaji atau buku islami jaman aku kecil dulu. Semoga.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menetapkan Mekkah sebagai kota suci, yakni sejak penciptaan langit dan bumi. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda pada hari penaklukan kota Mekkah :
إِنَّ هَذَا الْبَلَدَ حَرَّمَهُ اللَّهُ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ فَهُوَ حَرَامٌ بِحُرْمَةِ اللَّهِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ
“Sesungguhnya kota ini, Allah telah memuliakannya pada hari penciptaan langit dan bumi. Ia adalah kota suci dengan dasar kemuliaan yang Allah tetapkan sampai hari Kiamat “.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
إِنَّمَا أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ رَبَّ هَٰذِهِ الْبَلْدَةِ الَّذِي حَرَّمَهَا وَلَهُ كُلُّ شَيْءٍ ۖ وَأُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ
“Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekkah) Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri” [an Naml/27:91].
Dengan seizin Allah, Mekkah akan tetap dalam perlindunganNya, dan menjadi negeri aman tenteram. Hal ini sebagai wujud Allah telah mengabulkan doa Nabi Ibrahim. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الْأَصْنَامَ
“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata : “Ya Rabb-ku, jadikanlah negeri ini (Mekkah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala”. [Ibrahim/14:35]Sumber: https://almanhaj.or.id/2578-keutamaan-kota-suci-mekkah.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM BIDANG TEKNIK SIPIL

PENGARUH EKSENTRISITAS BEBAN TERHADAP DAYA DUKUNG PONDASI DANGKAL

ISD - Part 7