SIDANG SKRIPSI

Jakarta , 13 Desember 2014 akhirnya saya dan teman - teman teknik sipil melaksanakan tugas terakhir kami yaitu sidang tugas akhir yang dilaksanakan  di Kampus A Universitas Gunadarma Kenari Jakarta, tepat pukul 05.00 saya dan teman saya Murni Umiasih Berangkat menuju Kampus sidang, dengan kondisi mata mengantuk karena belum sempat tidur malamnya baru selesei menyelesaikan penjilidan pukul 03.00 pagi. Sampai kostan saya tidak langsung tidur , saya hangatkan tubuh saya dari dinginnya angin malam dengan teh hangat, lalu saya solat malam untuk mengahajatkan doa kepada Sang Pencipta , Allah swt. Memohon petunjuk, kemudahan, kelancaran dan hasil yang baik, sebaik baiiknya hasil.
Sesampainya di kampus A Kenari, saya langung bbertemu dengan teman - teman baik yang satu jurusan maupun yang berbeda jurusan. Kami semua tentunya memiliki perasaan yang sama , ketakutan yang sama, tapi kami yakin Allah ada pada kami. Kami tidak pernah berhenti memanjatkan doa, doa apapun itu kami panjatkan demi kelancaran sidang kami semua.
Sekitar pukul 09.00 kami diantarkan untuk foto di ruang lantai 1, lalu briefing sidang untuk diberikan arahan di ruang lantai, ruangan yang sangat mengerikan menurut saya.
Semua peraturan telah dijelaskan, saat nya jurusan kami mendapat jatah ruang sidang di lantai 8, lantai paling atas. Wow lebih mengerikannn.
Sebelumnya saya dapat SK sidang dari rektor dengan dosen penguji 3, satu diantaranya adalah Dosen Pembimbing saya, dan 2 diantaranya dosen geoteknik. Tadinya saya sangat bersyukur karena  saya telah diberikan kesempan untuk bernafas lega, karena tidak dipertemukan dengan dosen struktur yang sangat mengerikan, sangat hebat, sangat sangat deh pokoknya. Namun, sedih untuk kedua teman seperjuangan saya yang harus dipertemukan dengan 3 dosen struktur sekaligus, tetapi inilah takdir Allah, tidak ada yang tau Kuasa-Nya.
Kami segere menuju lift untuk naik ke lantai 8. Kami semua duduk bersama - sama walaupun kami berasala dari berbagai macam jurusan tetapi tetap satu sipil, eh lupa ada anak arsitek juga disana, cuma nggak sebanyak kita, gitu aja.
Oiya alhsail tidak jadi bahagia karena TERNYATA DOSEN PENGUJI SAYA BERTAMBAH DUA, JADI BERJUMLAH 5 DOSEN PENGUJI. langsung meweeeekkkkk. 3 dosen struktur ditambah 2 dosen geoteknik. yang saya harapkan tidak bertemu yang killer tadi, akhirnya dippertemukan kembali. T_T.
Saya pasrah, hanya bisa duduk diam, manyun, mau nangis, gelisah, berdoa terus terusan, tasbihan, semuanya dah. Tangan - tangan yang gemetar ini di tambah dengan wajah berkeringat padahal AC menemani disana.
Saya mendapat giliran sidang yang ke 3, setelah teman teman saya. Disana saya melihat tatapan tatapan tajam mereka yang aduhai melemaskan seluruh tulang dan otot otot ini. 45 menit berlalu akhirnya setelah presentasi dan menjawab setiap pertanyaan, saya keluar. dengan 4 jilid laporan saya.
pengumuman akan dilaksanakan pukul 14.00 . Untuk itu saya dan teman saya Asri Winita tidak lupa solat berjamaah dan memnajatkan doa Robitoh sekali lagi demi kenyamanan hati dan pikiran dan demi kata LULUS.
Hasil pengumuman akhirnya dibacakan saya , asri, aef, asih, mona, yuli, alfian, yudis, amung, komaedi, gea, dan seluruh jajaran pejuang yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu dikumpulkan dalam satu ruangan tempat yang tadi saya bilang mengerikan, karena ditempat dimulainnya sidang dan diakhirinya sidang hingga dinyatakan LULUS, LULUS BERSYARAT DAN TIDAK LULUS.
Gugup, haru, pegel (karena berdiri dalam waktu lama) diberikan wejangan wejangan dari pihak panitia sidang. dan sampai akhirnya kami dibagi lagi menjadi 3 kelompok. Niatnya ya itu diantara 3 kemlompok itu ada yang dinyatakn LULUS, LULUS BERSYARAT DAN TIDAK LULUS. Seperti ajang pencarian baakt pengumuman sangat menegangkan, lamaaaa dan pegel.
Alhasil setelah setiap nama disebutkan, Ketua panitia sidang mengumumkan bahwa diantara ketiga kelompok yang disebutkan, dinyatakan tidak ada yang LULUS BERSYARAT MAUPUN TIDAK LULUS. ALHAMDULILLAH SEMUANYA LULUSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS. :)
Bapaknya cuma acting :p
Good job pak buat acting menegangkannya.
Haru, sedih, tangis, bahagia, nangis lagi, haru lagi bahagia lagi, nangis lagi bahagia lagi ...
Gitu aja kerjaan anak skripsi yang udah ngebet lulus hheee
Terimakasih yang sebesarnya - besarnya untuk semua pihak yang terkait, Allah swt. Orangtua (Mamah Papah) , kedua mbak saya, Dosen Pembimbing, Dosen Penguji, Asri Winita, Aef Saefidun, Ervina Yuilyanti, Ayu yoan Fiorentina, Ayu Fatimah Zahra, Murni Umiasih, Nia Sugiarti, M, Hamzah Fadli, Punto Ajie Ramadhan, Nova Dwi Gandini, Andi Wski Nur Qalbi, Wahyu Septiadi, Sri Ayu Pajarwati, dan segenap jajaran dosen, dosen semua jurusan, rekan - rekan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu , seluruh dosen yang telah mengajarkan saya dari semster 1 hingga semster 9, dan semua pihak yang selalalu berada di sisi saya. Semoga Allah yang membala kebaikan kalian semua. aamiin.
SAMPAI BERTEMU KEMBALI DISIDANG PASCASARJANA  :)))))))))))

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI PANCASILA DALAM BIDANG TEKNIK SIPIL

PENGARUH EKSENTRISITAS BEBAN TERHADAP DAYA DUKUNG PONDASI DANGKAL

ISD - Part 7